Belajar ilmu dasar akuntansi dan akuntansi lanjutan.

CHANNEL YOUTUBE

Cara Penyusunan Anggaran

     Menurut Harahap (2001:83) dapat dilakukan dengan cara :
1.         Otoriter atau Top Down
       Dalam penyusunan angggran ini, manajemen senior menetapkan anggaran bagi tingkat yang lebih rendah. Anggaran disusun dan ditetapkan sendiri oleh pimpinan dan anggaran inilah yang harus dilaksanakan bawahan tanpa ada keterlibatan bawahan dalam penyusunannya. Metode ini baik jika karyawan tidak mampu menyusun anggaran atau membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk menyusun anggarannya.
2.         Demokrasi atau Botton Up
       Dalam metode ini, anggaran disusun berdasarkan hasil keputusan karyawan, manajer di tingkat yang lebih rendah berpartisipasi dalam menentukan besarnya anggaran. Anggaran disusun mulai dari bawahan sampai ke atasan. Bawahan diserahkan sepenuhnya menyusun anggaran yang akan dicapainya dimasa yang akan datang. Metode ini tetap jika digunakan pada perusahaan yang karyawannya memiliki keahlian dalam penyusunan  anggaran dan tidak dikhawatirkan membutuhkan proses yang lama dan berlarut.
3.         Campuran atau Top Down dan Botton Up

       Metode ini adalah yang paling efektif dengan menggabungkan kedua pendekatan tersebut. Pembuatan anggaran mempersiapkan draft pertama anggaran untuk bidang tanggung jawab mereka yang merupakann pendekatan dari bawah ke atas. Tetapi mereka melakukan tersebut berdasarkan pedoman yang ditetapkan tingkat yang lebih tiggi , yang merupaka pendekatan dari atas ke bawah. Manajer senior meninjau dan memberikan kritik dan saran atas  anggaran yang diusulakan. Proses peninjauan ini sebaiknya dipandang adil, jika atasan mengubah jumlah anggaran, dia harus mencoba dan meyakinkan pembuat anggaran bahwa perubahan itu wajar.
Tag : akuntansi
0 Komentar untuk "Cara Penyusunan Anggaran"

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar !!!

Powered by Blogger.
Back To Top